Saving Shiloh

Semua orang rata2 suka nonton film, tapi mungkin kadar kecintaannya yang beda.

Ada yang demeeeen bangets nonton, istilahnya tiada hari tanpa nonton film, huehehe..

Ada yang angin2an like me, kalau lagi pengen nonton yaa nonton, kadang bisa lanjut terus dari satu film ke film lainnya.

Tapi kalau pas lagi ga minat nonton, duuhh rasanya mau ngelarin satu film aja maless bangets dari sejak awal mutarnya, apalagi kalau kebeneran film yang ditonton itu mang ceritanya ga bagus, makin lengkap sudah lah penderitaan, hahaha ^o^

Anywayy..

Shiloh dalam cerita ini adalah seekor anjing yang mengalami penyiksaan fisik dari majikannya, Judd Traver, pria tua yang terkenal temperamental di kalangan tetangganya.

Judd juga dikenal sebagai pria yang jarang bersosialisasi dengan orang lain.

Marty, seorang anak lelaki belasan tahun yang tinggal bersama keluarganya di dekat tempat tinggal Judd, akhirnya meminta Shiloh untuk dirinya.

Well, bagian itu seeh kaga diceritain, haha, tapi pastinya si Shiloh udah dirawat Marty and Shiloh trauma tiap diajak ke rumah Judd, dia pasti lebih milih udah berjalan pulang balik ke rumah Marty.

Anywayy, suatu hari secara tidak sengaja Marty dan David menemukan sebuah mobil yang terbengkalai di tengah hutan.

Pemilik mobil tersebut lenyap ngga jelas rimbanya dan ketika akhirnya mayatnya berhasil ditemukan di sebuah sungai, tuduhan pun mengarah pada Judd yang terakhir kali dilihat sedang bertengkar hebat di sebuah rumah makan dengan sang pemilik mobil yang telah menjadi mayat itu.

Judd diinterogasi sheriff setempat namun karena tiadanya bukti maka Judd pun dilepaskan setelah selesai ditanyai.

Gosip terus berkembang dan kebanyakan masyarakat setempat meyakini bahwa Judd lah pelakunya. Marty yang awalnya percaya bahwa Judd telah berubah menjadi orang yang lebih baik dari dulu ketika ia masih menjadi majikan Shiloh, akhirnya termakan gosip dan berita2 miring yang didengarnya dari teman2 dan tetangga2nya.

Masalah pembunuhan belum selesai, penduduk setempat dihebohkan dengan kasus pencurian yang lagi2 tuduhan mengarah pada Judd.

Hingga suatu siang ketika sedang bermain bersama David (kayanya sih namanya David ya :p) dan Shiloh, secara tidak sengaja Marty menemukan sebuah pondokan di tengah hutan yang penuh berisi barang2 yang dilaporkan hilang karena kasus pencurian.

Penghuni pondokan itu sempat mengejar Marty dan David namun berkat gigitan Shiloh, satu dari dua orang pengejar itu tidak bisa melanjutkan pengejaran dan mereka pun berhasil selamat.

Ketika Marty dan David kembali ke pondokan bersama dengan sheriff, kedua penghuni telah kabur dan apa yang semula diduga oleh Marty dan David sebagai mayat orang ternyata hanyalah setumpukan baju yang dicuri kedua orang yang dicurigai merupakan buronan yang kabur dari penjara.

Dalam aksinya membobol sebuah supermarket akhirnya kedua buronan ini pun tertangkap dan ternyata mereka juga lah yang terbukti telah membunuh Nate Fowler, sang pemilik mobil!

Jadi Judd pun terbebas dari kedua tuduhan.

Film ditutup dengan aksi penyelamatan Judd terhadap Shiloh yang terbawa arus sungai menuju air terjun.

Judd pun dianggap sebagai pahlawan oleh penduduk kota dan perlahan mereka mulai memperlakukannya dengan ramah.

Aahh.. Such a happy ending.

Well.. Tapi bukan itu yang mau gua bahas, hahaha :p

Yang tersisa dari nih film yang belum sempat dibahas di atas adalah tentang betapa perlakuan yang elo terima di masa kecil elo dulu bisa berpengaruh terhadap perilaku elo sebagai orang dewasa.

Di satu kesempatan, Judd bercerita pada Marty bahwa ayahnya dulu adalah sosok yang abusive. Dia suka mengambil ikat pinggangnya dan memukul Judd kapanpun dia marah, atau ketika sedang senang atau tanpa suatu alasan apapun.

Judd tidak menyadari bahwa perbuatannya yang suka menyiksa anjing2 peliharaannya adalah akibat kenangannya akan sang ayah.

Dan lagi orang2 di sekitar Judd juga tidak memberinya kesempatan untuk menunjukkan sisi baiknya, mereka semua berasumsi betapa jahat dan kejamnya dirinya dan tidak merasa perlu untuk berlaku baik terhadap dirinya.

Semua, kecuali Marty, yang dibilang oleh ayahnya..

You know, Marty, I’ve known Judd my whole life and most of the time, I hated him. But because of you, I’m able to see another side of him, the good one that make me like him.

Atau yaa, kurang lebih begitulah kata bokapnya Marty, hahaha :p

Well, I guess it’s true..

Ngga ada orang yang terlahir jahat.

Gua lebih percaya bahwa sejak lahir, kita semua menyimpan benih kebaikan dan kejahatan dalam diri kita.

Dan perjalanan hidup kita, orang-orang yang kita temui, peristiwa yang kita alami, semuanya itu berpotensi menumbungkembangkan benih yang ada dalam diri kita itu.

And sometimes, we all need a person like Marty who can see beyond what the eyes can see, yang rela menyibak rerumputan lebat yang menghalangi jalan menuju tempat tertanamnya benih kebaikan dalam diri kita itu.

If you happened to meet someone who you consider as a difficult person, jangan terlalu men-judge dia, karena kita ngga pernah tau hal apa aja yang telah dia alami yang menjadikannya orang seperti dia sekarang ini.

If you dare, help that person out from her or his misery, treat them well and make them trust again in the kindness of humans.

Hmm.. Hmm..

I’m hoping one day I could be like Marty, the one who follows his heart and someone who can make other be a better person, simply just being nice to that person.

Why not now?

Karena I still have my own issues to deal with, huehehe :p

Ah yes, entah kenapa today jadi nonton film yang berhubung dengan ‘luka’ masa lalu yang masih membekas.

Another great movie to watch :

The Divine Secrets of Ya-Ya Sisterhood

Itu ceritanya juga bagus, go get one to watch!

-Indah-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: